Artikel Quis
Waktu Shalat Id
Updated  10 September 2016 ( 325 ) views

Agar ibadah tidak sia – sia maka perlu di ketahui kapan pelaksanaan shalat sunnah idul adha yang benar, simak penjelasanya berikut ini. Dalam sebuh riwayat dinyatakan bahwa pelaksanaan shalat sunnah idul adha ketika berlalunya waktu larangan untuk shalat yaitu saat terbit matahari.

Pendapat lain menyatakan bahwa pelaksanaan shalat idul adha dimulai sejak matahari naik setinggi tombak sampai tergelincir. Sebagaimana Syaikh Abu Bakr al-Jazairi mengatakan:"Waktu mulainya shalat Id adalah sejak matahari naik setinggi tombak sampai tergelincir. Namun yang lebih utama adalah shalat Idul Adha dilaksanakan di awal waktu, sehingga memungkinkan bagi masyarakat menyelesaikan sembelihannya dan mengakhirkan pelaksanaan sahalat Idul Fitri, sehingga memungkinkan bagi masyarakat untuk membagikan zakat fitrinya." (Minhajul Muslim, hal. 278)

Waktu pelaksanaan shalat sunnah idul Adha. Dari Yazid bin Khumair, beliau mengatakan:
Suatu ketika Abdullah bin Busr, salah seorang sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar bersama masyarakat menuju lapangan shalat Id. Kemudian beliau mengingkari keterlambatan imam. Beliau mengatakan:

“Kami dulu telah selesai dari kegiatan ini (shalat Id) pada waktu dimana shalat sunah sudah dibolehkan.” (HR. Bukhari secara mu’allaq dan Abu Daud dengan sanad shahih)

Yang di maksud dengan “waktu dimana shalat sunah sudah dibolehkan”: sebagaimana Imam Ibnul Qoyim mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengakhirkan shalat Idul Fitri dan menyegerahkan shalat Idul Adha. Sementara Ibnu Umar -orang yang sangat antusias mengikuti sunah- tidak keluar menuju lapangan sampai matahari terbit. Beliau melantunkan takbir sejak dari rumah sampai tiba di lapangan.(Zadul Ma’ad, 1:425)

Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan shalat sunnah idul adha dapat di lakukan dimulai sejak matahari naik setinggi tombak sampai tergelincir. Dan disunnahkan pula untuk mengawalkan nya agar penyembelihan hewan qurban dapat segera di laksanakan. Lain halnya dengan shalat idul fitri Rasululloh SAW melaksanakannya di akhir waktu tujuannya agar masyarakat masih di berikan waktu untuk menunaikan zakat fitrahnya.

(Red. Sayidah)
 

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858