Artikel Quis
Shalat Idul Adha
Updated  10 September 2016 ( 606 ) views

Idul adha di depan mata, bagai mana persiapanya? Tahun 2016 ini hari raya idul adha atau biasa di sebut dengan hari raya qurban dilaksanakan pada hari senin tanggal 12 September 2016. Sebagai umat muslim ada amalan khusus yang di laksanakan setiap tahunnnya yakni melakukan shalat sunnah id. Simak uraiannya sebagai berikut :

Hukum Shalat Id

Ada beberapa pendapat mengenai hokum shalat id. Imam Abu Hanifah, menyatakan bahwa
Shalat Id hukumnya wajib bagi setiap muslim oleh Imam Ahmad, dan pendapat tersebut dipilih oleh Syaikhul Islam dan Ibnul Qoyim. Dalil pendapat ini adalah sebagai berikut:

  • Berdasarkan kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam melaksanaknnya. Karena sejak shalat Id ini disyariatkan pada tahun kedua hijriyah, beliau senantiasa melaksanakannya sampai beliau meninggal.
     
  • Berdasarkan kebiasaan para khulafa ar-Rosyidin setelah wafatnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ini menunjukkan bahwa shalat Id merupakan ibadah yang sangat disyariatkan dalam Islam.
     
  • Berdasarkan Hadis Ummu ‘Athiyah radliallahu ‘anha, bahwa beliau mengatakan: Kami diperintahkan untuk mengajak keluar gadis yang baru baligh, gadis-gadis pingitan, dan orang-orang haid untuk menghadiri shalat Idul Fitri dan Idul Adha….(HR. Bukhari dan Muslim)
     
  • Adanya perintah menunjukkan bahwa itu wajib, karena hukum asal perintah adalah wajib
     
  • Shalat halat Id merupakan salah satu syiar Islam yang paling besar.

Adab Shalat Hari Raya

  1. Mandi pada Hari Id Dari Nafi’, beliau mengatakan bahwa Ibnu Umar radliallahu ‘anhuma mandi pada hari Idul Fitri sebelum berangkat ke lapangan. (HR. Malik dan asy-Syafi’i dan sanadnya shahih)
     
  2. Berhias dan Memakai Wewangian
    Dari Ibnu Abbas, bahwa pada suatu saat di hari Jumat, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya hari ini adalah hari raya yang Allah jadikan untuk kaum muslimin. Barangsiapa yang hadir jumatan, hendaknya dia mandi. Jika dia punya wewangian, hendaknya dia gunakan, dan kalian harus gosok gigi.” (HR. Ibn Majah dan dihasankan al-Albani)
     
  3. Memakai Pakaian yang Paling Bagus
    Dari Jabir bin Abdillah, beliau mengatakan:
    “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki jubah yang beliau gunakan ketika hari raya dan hari Jumat.” (HR. Ibn Khuzaimah dan kitab shahihnya)
     
  4. Tidak Makan Sampai Pulang dari Shalat Idul Adha dengan Daging Kurban Dari Buraidah, beliau berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak berangkat menuju shalat Idul Fitri sampai beliau makan terlebih dahulu, dan ketika Idul Adha, beliau tidak makan sampai shalat dahulu." (HR. At Turmudzi, Ibn Majah, dan dishahihkan al-Albani)
     
  5. Menuju lapangan sambil berjalan dengan penuh ketenangan dan ketundukan Dari sa’d radliallahu ‘anhu : "Bahwa nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar menuju lapangan dengan berjalan kaki dan beliau pulang juga dengan berjalan." (HR. Ibn majah dan dishahihkan al-Albani)
     
  6. Berbeda jalan menuju dan pulang Id "Nabi Shallallahu’alahi Wasallam biasanya ketika hari Id mengambil jalan yang berbeda antara pulang dan pergi” (HR. Bukhari).
     
  7. Bertakbir dari mulai keluar rumah hingga menjelang shalat "Rasulullah Shallallahu'alahi Wassallam biasa ketika keluar pada hari Idul Fitri beliau bertakbir sampai di (lapangan) tempat sholat, sampai didirikan sholat, apabila sholat telah ditegakkan maka terputuslah takbir" (HR. Ibnu Abi Syaibah, shahih)
     
  8. Shalat id di tempat terbuka kecuali ada udzur "Rasulullah Shallallahu'alahi Wassallam biasa keluar pada hari raya 'Idul Fithri dan 'Idul Adha menuju tanah lapang" (HR. Bukhari & Muslim)
     
  9. Tidak ada shalat sesuadah dan sebelum pelaksanaan shalat id
    "Nabi Shallallahu'alahi Wassallam menuju lapangan ketika Idul Fitri, kemudian shalat dua rakaat. Tidak shalat sunah sebelum maupun sesudahnya. Dan beliau bersama Bilal" (HR. Bukhari & al-Baihaqi)
     
  10. Tidak ada Adzan dan iqamah untuk shalat id
    Dari Jabir bin samurah radliallahu ‘anhu: "Saya shalat hari raya bersama Nabi Shallallahu'alahi Wassallam beberapa kali, tidak ada adzan dan qamat" (HR. Muslim)
     
  11. Dibolehkan saling mengucap selamat.
    Sunnah para ulama mengucapkan selamat dan doa "Taqaballahu minna wa minkum" -semoga Allah menerima ibadah saya dan anda- . Fatma para ulama besar bahwa ucapan doa dan selamat bebas selama tidak menyalahi syariat, misalnya "Minal aidzin wa faidzin"
     
  12. Batas berzkat sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri
    "Barang siapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat maka itu adalah zakat yang diterima, dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat maka statusnya hanya sedekah" (HR. Abu Daud & Ibnu Majah, dihasankan Al-Albani)
     
  13. Menyembelih qurban setelah shalat id
    “Barangsiapa yang menyembelih sebelum sholat, berarti ia menyembelih hanya untuk dirinya sendiri. Dan barangsiapa yang menyembelih sesudah sholat, maka telah sempurnalah qurbannya dan sesuai dengan sunnahnya kaum muslimin” (HR. Bukhari)
     
Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858