Artikel Quis
Puasa Arafah
Updated  10 September 2016 ( 376 ) views

Salah satu amalan di bulan dzulhijjah adalah  puasa sunnah yang banyak keutamaanya. Rasululloh SAW juga menyatakan di sunnahkannya puasa pada bulan dzulhijah dalam hadist berikut :

Rasulullah SAW biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa 3 hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis.” (HR. Abu Daud no. 2437 dan An-Nasa’i no. 2374).

Ada dalil yang menyatakan puasa sunnah puasa dzulhijah mulai tanggal 1 sampai tanggal 9 sedangkan sebagian lagi menyatakan lebih utama pada tanggal 9 dzulhijah yang biasa di sebut dengan puasa arafah.

Puasa hari Arafah ialah puasa sunnah pada hari kesembilan Dzulhijjah yang disunnahkan bagi mereka yang tidak melakukan ibadah haji. Kelebihan berpuasa pada hari ini ialah ia dapat menghapuskan dosa-dosa setahun yang telah lalu dan dosa setahun yang akan datang, sebagaimana hadits yang telah diriwayatkan daripada Abu Qatadah al-Anshari ra:

Dan Rasulullah SAW ditanya tentang berpuasa di hari ‘Arafah. Maka Baginda bersabda: “Ia menebus dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. Imam Muslim)

Disunatkan juga berpuasa pada hari ke 8 Dzulhijjah di samping berpuasa pada hari ‘Arafah (9 Dzulhijjah) sebagai langkah berhati-hati yang  mana kemungkinan pada hari ke 8 Dzulhijjah itu adalah hari yang ke 9 Dzulhijjah (Hari ‘Arafah). Bahkan adalah disunnahkan berpuasa delapan hari, yaitu dari hari yang pertama bulan Dzulhijjah hingga ke hari yang kedelapan bagi orang yang mengerjakan haji atau tidak mengerjakan haji, bersama-sama dengan hari ‘Arafah.

Diriwayatkan dari Ibn Abbas ra: Rasulullah SAW bersabda: “Tiada amal yang sholeh yang dilakukan pada hari-hari lain yang lebih disukai daripada hari-hari ini (sepuluh hari pertama dalam bulan Dzulhijjah).” (HR. al-Bukhari)

CARA MELAKUKAN PUASA AWAL DZULHIJJAH

  • Boleh lakukan dari tanggal 1 s/d 9 Dzulhijjah, lebih utama lagi puasa Arafah (9 Dzulhijjah)
  • Boleh lakukan dengan memilih hari yang diinginkan, yang penting jangan tinggalkan puasa Arafah.
  • Niat puasanya bagaimana? Niat cukup dalam hati, karena maksud niat adalah keinginan untuk melakukan amalan.

Semoga dimudahkan beramal shalih di awal Dzulhijjah. Karena amalan  shalih di awal Dzulhijjah dapat mengalahkan  jihad. Dalam hadits Ibnu ‘Abbas disebutkan : “Tidak ada satu amal  shalih  yang  lebih dicintai oleh Allah melebihi amal shalih yang  dilakukan  pada  hari-hari  ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah).” Para  sahabat  bertanya, “Tidak  pula  jihad di jalan  Allah?”  Nabi A018;  menjawab, “Jihad di jalan  Allah  pun tidak  bisa  mengalahkan  kecuali  orang  yang  berangkat  jihad  dengan  jiwa dan hartanya namun  tidak  ada yang  kembali  sedikit pun.” (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968, dari Ibnu ‘Abbas) ..


(Red. Sayidah)

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858