Artikel Quis
Yuk, Qurban ke Kaki Bromo
Updated  05 September 2016 ( 359 ) views

Nenek moyang Sumarjono alias Jono (51) dan mayoritas warga kaki pegunungan Bromo, Jawa Timur, berasal dari kerajaan Hindu Singosari yang lari ke Bromo-Semeru dari kejaran pasukan Majapahit.

Jono sempat hidup dalam kekafiran dan  kemusyrikan; Menyembah apapun sebagai syarat usaha agar hidupnya terasa bahagia dan sukses. Namun, supplier sayuran ini malah jatuh bangkrut. Jono ditipu rekan kerjanya sendiri hingga mengalami kerugian dan utang dagang besar.

Dalam upaya bangkit dari keterpurukan itulah, ia menemukan cahàya hidayah untuk melanjutkan hidup sebagai orang lurus beriman. Pada 2009, Jono mengucapkan ikrar syahadat dibimbing Ustadz Setiono (44), da’i yang sudah 20-an tahun telaten berdakwah di Wonokerto, Kec Sukapura, Probolinggo.

Jono lalu menginfakkan sebidang tanah di sebelah rumahnya untuk dijadikan tempat pengajian. Mereka membangun Mushola dan Rumah Tahfidz untuk menampung anak-anak desa belajar dan menghafal Al Qur'an. Kelak dengan dukungan PPPA Daarul Quran, kawasan ini menjadi Kampung Qur’an Bromo.

Keberadaan mushola dan Rumah Tahfidz di kaki Bromo menjadi oase dakwah di tengah perkampungan yang sepi dari alunan suara bacaan Al Qur'an. Kini, mushola kecil dan rumah tahfidz yang diramaikan puluhan santri, menjadikan semarak suasana di kaki Bromo.

Jono, suami dari Suliswiasi (39), bisnisnya berangsur-angsur membaik, seiring dengan perkembangan dakwahnya bersama Ustadz Yono.  Ayah dari tiga anak ini juga berkeinginan sisa hidupnya bermanfaat untuk banyak orang.

Untuk mendukung dakwah mereka, QUIS (Qurban Istimewa) Daarul Quran tahun ini kembali akan menyalurkan qurban ke daerah ini.

H Tarmizi As Shidiq, Ketua Yayasan Daarul Qur’an, mengatakan, ada  7  keistimewaan program qurban dan aqiqah melalui Quis Daarul Qur’an. Salah satunya adalah lebih menyemarakkan syiar agama dan Qur’an di daerah-daerah seperti kaki Gunung Bromo ini.

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858