Artikel Quis
Kafir diberikan Daging Qurban
Updated  02 September 2016 ( 235 ) views

Ibadah qurban merupakan perintah dari Allah SWT juga telah disyari'atkan oleh Rasululloh SAW. Pembagian hasil  qurban bisa disantap oleh shohibul qurban (orang yang berqurban), sedangkan sebagian lainnya disedekahkan kepada fakir miskin kemudian, sisanya dihadiahkan untuk kerabat tetangga dan orang - orang sekitar. Lantas bolehkah umat muslim membagi daging qurban tersebut pada orang kafir (non muslim)?
Dalam sebuah riwayat Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah pernah ditanyakan hal ini atas dan beliau menjawab:

“Boleh seseorang menyerahkan hasil qurban berupa daging sebagai sedekah kepada non muslim dengan syarat ia bukan kafir harbi (yang sedang berperang dengan kaum muslimin). Jika yang ia termasuk kafir harbi, maka tidak boleh. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al Mumtahanah: 8-9)

Boleh saja memberikan hasil qurban berupa daging kepada orang kafir mu’ahid (orang kafir yang mengikat perjanjian damai dengan kaum muslimin) dan boleh memberikan hasil qurban tersebut karena kekerabatannya, ia sebagai tetangga, atau ingin melembutkan hatinya. Namun, daging hasil qurban tidak boleh diserahkan pada kafir harbi (yang memerangi kaum muslimin). Karena kafir harus ditekan dan dilemahkan, tidak boleh simpati dan malah menguatkan mereka dengan diberi sedekah.

Sumber :  Fiqih Islam H. Sulaiman Rasyid (Hukum Fiqih Lengkap)

(Red. Sayidah)

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858