Artikel Quis
Pembagian Hasil Qurban
Updated  04 Agustus 2017 ( 100 ) views

Pembagian Hasil Qurban

Sebagai mana yang kita ketahui bahwa ibadah qurban merupakan bentuk penyerah diri kepada Allah SWT, dalam qurban juga terdapat nilai - nilai kebaikan yang dapat kita ambil, yakni berbagi kepada sesama. Dengan melaksanakan ibadah qurban ini kita dapat memberikan kebahagiaan pada saudara - saudara seiman di daerah marginal dan rawan bencana yang jarang sekali makan daging.

Maka, Hasil sembelihan qurban dianjurkan dimakan oleh shohibul qurban. Sebagian lainnya diberikan kepada faqir miskin untuk memenuhi kebutuhan mereka pada hari itu. Sebagian lagi diberikan kepada kerabat agar lebih mempererat tali silaturahmi. Sebagian lagi diberikan pada tetangga dalam rangka berbuat baik. Juga sebagian lagi diberikan pada saudara muslim lainnya agar semakin memperkuat ukhuwah.” (Fatwa Al Lajnah Ad Daimah no. 5612, 11: 423-424) pendapat tersebut berasal dari Imam hanafi dan Imam Hambali berdasarkan dalil : Firman Allah surat Al - Hajj  Ayat 36 yang artinya : " Makanlah daging kurban ,berikanlah pada orang fakir yang meminta minta ,dan fakir yang tidak meminta minta " ( QS Al Hajj 36)

Dan Hadits yang diriwayatkan Al Hafidz Abi Musa :
yang arinya “Ibu Abbas meriwayatkan hadits fdalam mensifati udhiyahnya Rosulullah :Sepertiga berikanlah keluarganya orang yang berkorban ,sepertiga berikanlah pada tetangga ,sepertiga sodaqohkanlah pada orang yang yang meminta minta” (HR AlHafidz Abu Musa )
 

Sumber :  Fiqih Islam H. Sulaiman Rasyid (Hukum Fiqih Lengkap) 

Sayidah



 

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858