Artikel Quis
Syarat Hewan Qurban
Updated  31 Agustus 2016 ( 402 ) views

Tahukah Anda Qurban memiliki beberapa  syarat  yang  harus di penuhi. jika tidak, maka qurban tersebut tidak sah hukumnya. Apakah syarat yang harus di penuhi ? simak uraiannya berikut ini :

Hewan qurban haruslah berupa binatang ternak bisa unta, sapi, kambing maupun domba. Hewan qurban yang sesuai syari'at (berusia setengah tahun) dari domba atau tsaniyyah (berusia setahun penuh) dari yang lainnya.

  • Jika Unta Ats-Tsaniy dari unta telah sempurna berusia lima tahun
  • Jika Sapi Ats-Tsaniy dari sapi  atau kerbau telah sempurna berusia dua tahun
  • Jika Kambing Ats-Tsaniy dari kambing telah sempurna berusia setahun
  • Jika Jadza’ah (domba berumur satu tahun) kecuali dalam keadaan sulit menemukan hewan musinnah. Akan tetapi jumhur (mayoritas ulama) berpendapat bahwa dua tahun untuk domba itu lebih utama. Sedangkan untuk hewan jadza’ah pada sapi dan unta  tidak  dibolehkan. Tidak dalam keadaan  cacat yang mencegah keabsahannya seperti yang telah dijelaskan dalam sebuah hadits Nabi SAW cacatnya antara lain : buta sebelah yang jelas / tampak di lihat, sakit yang jelas dari hewan qurban  tersebut, pincang yang jelas baik kaki kanan maupun kiri, terlihat Bobot hewan qurban Sangat kurus dan tidak mempunyai sumsum tulang.

Dan hal yang serupa atau lebih dari yang disebutkan di atas termasuk ke dalam aib-aib (cacat) ini, sehingga tidak sah berkurban dengannya, seperti buta kedua matanya, kedua tangan dan kakinya putus, ataupun lumpuh. Tidak sah berkurban dengan hewan hasil merampok dan mencuri, atau hewan tersebut milik dua orang yang beserikat kecuali dengan izin teman serikatnya tersebut. Hewan qurban tersebut harus milik sendiri. Tidak sah berkurban jika hewan tersebut adalah hewan warisan yang di dalamnya ada milik atau hak orang lain kecuali setelah warisannya di bagi.

Waktu penyembelihan hewan qurban haruslah terjadi pada waktu yang telah di tentukan. Jika disembelih sebelum atau sesudah waktu tersebut maka sembelihan kurbannya tidak sah. Dengan demikian, syarat-syarat hewan kurban ada 6, yaitu :

  1. Bahimatul An’am, memenuhi usia minimal yang ditetapkan syariat
  2. Bebas dari aib / cacat
  3. Kepemilikan sempurna atas hewan qurban tersebut dengan akad yang syar’i, bukan kepemilikan yang tidak sah seperti hasil mencuri, ghashab (menggunakan hak / milik orang tanpa izin), menipu, atau masih terkait dengan hak orang seperti hewan yang masih tergadai.
  4. Yang paling utama dikurbankan adalah unta, disusul sapi, lalu kambing, dan terakhir domba.
  5. Disunnahkan hewan kurban yang gemuk, bertanduk, dan dalam kondisi paling baik.
  6. Waktu penyembelihan hewan qurban haruslah terjadi pada waktu yang telah di tentukan. Jika disembelih sebelum atau sesudah waktu tersebut maka sembelihan qurbannya tidak sah.

Sumber :  Fiqih Islam H. Sulaiman Rasyid (Hukum Fiqih Lengkap) 

Sayidah

 

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858