Artikel Quis
Definisi Dan Hukum Qurban
Updated  29 Agustus 2016 ( 330 ) views

Sebentar lagi Hari Raya Idul Qurban tentunya selain menyiapkan hewan qurban alangkah baiknya jika review  kembali pengetahuan tentang qurban, agar qurban kali ini menjadi lebih berkah. Kali ini quis daqu akan menampilkan panduan qurban secara ringkas. Pembahasan dimulai dari pengertian  qurban dan hukum qurban sesuai syariat.

Pengertian Qurban

Udhiyah atau dalam bahasa kita disebut qurban Asal kata qurban dalam bahasa arab dapat di artikan sebagai mendekatkan. Sedangkan dalam istilah fuqaha (para ahli fiqih) adalah: “Binatang peliharaan yang disembelih pada hari-hari penyembelihan disebabkan datangnya hari raya Idul Adha, untuk mendekatkan diri kepada Allah”. sampai dengan hari tasyrik yaitu pada tanggal 11 sampai 13 Dzulhijjah.

Sedangkan kata al-Udhiyah itu sendiri diambil dari kata dhuha, yang artinya waktu dhuha. Dikatakan demikian lantaran waktu shalat Idul Adha dan menyembelihnya Rasulullah SAW adalah pada waktu dhuha.

Hukum Qurban

Sebagian ulama berpendapat bahwa qurban  itu wajib, Firman Allah SWT yang artinya :"Sesungguhnya kami telah memberi kepadanya nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah".(Al - kausar : Ayat 1-2).

Rasululloh SAW bersabda :Dari Abu Hurairah, Rasululloh SAW telah bersabda,"Barangsiapa yang mempunyai kemampuan tapi tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati (menghampiri)  tempat shalat kami,"(HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Sedangkan sebagian yang berpendapat bahwa qurban itu sunnah adalah berdasarkan sabda Rasululloh SAW : " Saya di suruh menyembelih hewan qurban dan qurban itu sunnah bagi kamu " (HR. Tirmizi ).

Sumber :  Fiqih Islam H. Sulaiman Rasyid (Hukum Fiqih Lengkap)

 

(Red. Sayidah)


 

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858