Artikel Quis
Hikmah Ibadah Qurban
Updated  24 Agustus 2016 ( 423 ) views

Ibadah qurban menandakan nilai ketauhidan yang nyata Nabi Ibrahim as yang rela mengorbankan anak satu-satunya yang sangat dicintainya karna perintah Allah semata. Dari kisah tersebut Allah SWT melalui Nabi Ibrahim as hendak mengajarkan kepada umat manusia agar memahami arti tauhid yang sebenarnya yakni membebaskan dirinya dari penghambaan kepada materi menuju penghambaan kepada Allah SWT. 

Maka hikmah yang dapat di ambil dari ibadah Qurban Adalah 

Pertama
Melatih diri untuk selalu patuh pada perintah Allah SWT, karena tingkat ketaqwaan seorang hamba tidak selalu kuat, dan Allah akan Mengujinya setiap saat. “Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketaqwaan” (QS. Asy Syam (91) : 8)

Kedua 
Jika seseorang hamba sudah mampu untuk berqurban, Namun enggan menunaikannya maka belum di akui sebegai umat Nabi Muhammad SAW, Sebagaimana Bersabda Rosululloh SAW : “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu dia tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat sholat kami.” (HR. Ahmad dan Ibn Majah).

Seseorang tidak akan pernah sampai kepada ketaqwaan dan tidak akan memperoleh keimanan yang sejati, bila kecintaannya kepada dunia mengalahkan kecintaannya kepada Allah SWT dan Rasulnya.

Ketiga
Menumbuhkan jiwa Sosial untuk berbagi kepada sesama sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah di berikan oleh Allah SWT.

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858