Artikel Quis
Dari Kota Probolinggo Ujian Hafalan menuju Wisuda Akbar 2015
Updated  24 November 2015 ( 445 ) views

Masjid Raudlatul Jannah Probolinggo, merupakan masjid yang berada ditengah jantung kota ini merupakan saksi atas terselenggaranya Ujian Hafalan menuju acara Wisuda Akbar 2015 yang serentak dilaksanakan di 5 kota yaitu Jakarta, Jogjakarta, Makassar, Pare Jawa Timur dan Palembang.

Antusias yang tampak dimata santri, penguji serta wali santri terlihat sangat kental, apalagi kegiatan ini dilakukan secara berkumpul menjadi satu di masjid Probolinggo ini, yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2015.

Benar-benar tumpah ruah, pada jam 09.00 pagi sudah berkumpul sebanyak 960 santri Rumah tahfidz dan santri umumpun ikut dalam ujian ini. Mulai usia termuda hingga tertuapun ikut dalam ujian ini. Adapun ujian yang diujikan adalah Surat Qaf, Surat Shof dan Surat Albaqoroh 101-157.

Ujian yang diramaikan oleh komponen-komponen Rumah Tahfidz seperti Pengurus Rumah Tahfidz, Pengajar Tahfidz, santri Rumah Tahfidz baik yang ngalong maupun mukim dan tokoh-tokoh masyarakat. Serta pihak-pihak yang baik berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan rumah tahfidz.

“Acara seperti ini membuat masyarakat Probolinggo antusias dengan gerakan Rumah tahfidz. Syiarnya bener-bener terlihat, jadi semangat...” Ucap dengan mantap Kyai Aziz, pimpinan Pondok Pesantren Assanusiyah Kademangan, Ketua Jamqur Kota Probolinggo serta sesepuh para hafidz ini.

Ujian kali ini tampak berbeda dari ujian-ujian yang tergolong sering dilakukan di kota Probolinggo ini dan sekitarnya yaitu adanya support yang tak kalah hebohnya dengan support-support yang lain yaitu makan siang yang diberikan oleh QUIS. Quis atau Qurban Istimewa, sebuah divisi di Daarul Quran yang melayani Qurban serta Aqiqah masyarakat.

“Yo enak oleh mangan ngene iki, daging maneh...soale maune gak onok kabar nek oleh mangan. (Ya enak dapat makan seperti ini, apalagi daging..karena tadinya gak ada berita kalau akan dapat makan, Red)” celoteh Muzakki, santri Rumah Tahfidz An Najah yang masih berusia 10 tahun ini.

Pada waktu yang bersamaan juga para penguji yang merupakan pengajar Rumah Tahfidz juga memberikan spontanitas ungkapan kegembiraan mereka “Wah..uwenak banget buk, baru kali ini penguji makan prasmanan menu sate gule. “ tukas Ust. Arwanto al hafidz, pengajar Rumah Tahfidz Mambaul Ulum Karang Anyar Bantaran. Dilanjutkan oleh penguji yang lainnya “Mewah banget, iki acarane makan prasmanan sate gule..pancen QUIS Daarul Qur’an mantap” .

“ Sangat membantu pengurus,gak usah pusing mikir makan santri yang ikut tes hafalan wisuda nih, karena kami jauh dari kraksaan (berjarak 35 km dari tempat ujian).” timpal ust saiful pengurus RT Sang Surya yang mengirim 45 santri dalam acara ini.

Penerima manfaat yang lain daging QUIS ini selain 960 santri diatas yaitu 40 penguji, 10 panitia, 10 relawan dan 5 orang takmir dan beberapa tukang parker didepan masjid. Terima kasih yang tak terkirakan dari kami koordinator Rumah Tahfidz se-Probolinggo dan Tapal Kuda, semoga berkah dan dapat memberikan kemanfaatan yang luas bagi umat, Amin.

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858