Artikel Quis
Kampung Laut, Sasaran Distribusi Hewan Qurban
Updated  23 Agustus 2016 ( 761 ) views

Seperti pelaksanaan qurban tahun sebelumnya, Daarul Qur’an lewat program Qurban Istimewa akan membawa hewan ternak Anda ke daerah-daerah pedalaman dan pelosok di Indonesia. Tahun ini salah satu daerah yang akan menjadi tempat penyaluran hewan ternak adalah Desa Ujung Alang yang berada di Kampung Laut di Cilacap, Jawa Tengah. 

 

Kampung laut merupakan sebutan untuk pemukiman yang berada di Segara Anakan, yakni kawasan perairan yang terletak di antara daratan Cilacap sebelah Barat dengan Pulau Nusakambangan. 

 

Untuk menuju Kampung Laut kita dapat menggunakan perahu motor. Untuk sampai desa terdekat dari pelabuhan Sleko Cilacap memakan waktu hingga dua jam. 

 

“Alhamdulillah, Kampung laut mendapat hewan  qurban dari Daarul Qur’an” ujar Selamet Ardho, tokoh pemuda sekaligus imam masjid di Kampung Laut. Ardho menambahkan baru kali ini ada lembaga yang mengirimkan hewan qurban ke kampungnya. 

 

Ardho menambahkan tahun ini sebenarnya sudah ada 3 ekor kambing yang akan dipotong pada hari Idul Adha nanti. Namun jumlah tersebut masih sangat kurang jika dibagikan kepada seluruh warga yang berjumlah 1000 orang. 

 

“Insya Allah dengan tambahan dari Daarul Qur’an akan membuat masyarakat bisa merasakan daging di hari raya ini” ujar Ardho sambil tersenyum. 

 

Kehidupan warga di Desa ini memang sangat minim. Sebagian masyarakat bekerja sebagai nelayan dan tak jarang juga yang merantau ke kota Cilacap atau kota besar lainnya. Listrik baru menyentuh desa ini dalam tiga tahun terakhir. Begitu juga dengan sinyal hape yang sangat susah di desa ini. 

 

Selain hewan ternak Ardho juga berharap mendapatkan mushaf Al-Qur’an baru untuk menggantikan milik masjid yang sudah mulai rusak dan menguning kertasnya. 

 

“Banyak yang sudah tidak terbaca” ujarnya. “Semoga ini menjadi awal silaturahmi dengan Daarul Qur’an dan terima kasih kepada para pequrban” tambahnya. 

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858