Artikel Quis
Makna Qurban Bagi Umat
Updated  01 Agustus 2017 ( 177 ) views

Dalam bahasa Arab, Kurban dikenal dengan nama al-Udh-hiyyah, maknanya menurut bahasa adalah hewan yang dikurbankan, atau hewan yang disembelih pada hari Idhul Adha. Sedangkan menurut Ahli Fiqh, al-Udh-hiyyah adalah menyembelih hewan tertentu, pada waktu tertentu, dengan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu,   maka sholatlah untuk Tuhanmu   dan sembelihlah kurban.”(QS. Al Kautsar : 1-2)

”Daging-daging kurban dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (QS. Al Hajj : 36-37)

Allah SWT memerintahkan kepada umat muslim untuk melakukan ibadah qurban di bulan haji. Dalam sebuah hadits di jelaskan : "tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya Qurban yang lebih di sukai Allah melebihi dari pegucuran darah (menyembelih hewan Quran), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut  akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu-bulunya, sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah sebagai qurban dimanapun hewan itu di sembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka iklaskanlah menyembelihnya." (HR. Ibn Majah dan Tarmidzi).

Berkurban bukan artinya sebuah ritual simbolis melainkan sebuah pengorbanan, jiwa sosialis dan saling menolong sesama manusia dengan niat karena Allah SWT. Sebagai umat muslim kita diajarkan untuk saling membantu orang, dan menggunakan harta di jalan Allah yang akan menolong kita nanti di akhirat.

Seseorang yang menjadi pribadi yang dermawan perlu dilatih hingga menjadi kebiasaan. Menjadi dermawan dalam kebaikan sangat baik dan banyak manfaatnya. Untuk bisa menjadi dermawan perlu di latih terus-menerus dan tidak hanya sekali dua kali saja melainkan terus dilakukan hingga menjadi kebiasaan. Jika kita sudah sering bersedekah harta mungkin bisa di tingkatkan dengan berqurban di waktu hari raya idul adha.

Berqurban juga merupakan salah satu perintah Allah yang jelas di cantumkan di Al-qur’an. Dalam manfaat memeluk agama islam, ibadah qurban akan menjaga bahkan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Sehingga kita akan memiliki iman yang semakin kuat dan tidak mudah mengikuti hawa nafsu. Tentu saja ibadah qurban akan menjadi amal baik yang akan di catat oleh malaikat. Ibadah qurban yang semata-mata ikhlas dilakukan sebagai bagian dari pengabdian kepada Allah akan mendapatkan pahala yang setimpal. Pahala inilah yang nantinya akan menyelamatkan kita di hari akhir kelak.

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858