Artikel Quis
Riuh Qurban di Desa Gobang, Rumpin
Updated  17 September 2016 ( 641 ) views

Hari itu (12/9), tepatnya pukul 09.00 WIB ratusan orang tengah berkumpul di tanah lapang depan Lembaga Pendidikan Al-Huda. Sebuah daerah yang dikenal dengan Kp Cibuluh, Desa Gobang, Kec Rumpin.

Mereka nampak tak lelah dan bosan mengerumuni 12 domba di dalam kandang yang baru dibuat dua hari lalu itu. Baik anak-anak maupun orang tua. Domba-domba itu bukan untuk pertujukan, tetapi kehadirannya memeriahkan Idul Adha warga di sana. Wajar saja, tak biasanya pemandangan itu dapat dilihat setiap lebaran haji datang.

"Alhamdulillah, ini pertama kalinya dalam 45 tahun saya hidup di sini, ada hewan qurban sebanyak itu," ujar Pimpinan Lembaga Pendidikan Al-Huda, Ustad Abdul Malik.

Karena biasanya, lanjut ia, hanya ada 2 ekor hewan qurban. Maksimal 4 ekor, itu pun jarang dan seringnya tidak ada satu pun. Selain itu, tak semua warga yang mendapatkan daging qurban, kurang lebih hanya 45 persen yang mendapatkan. Mereka pun warga dhuafa, janda-janda, maupun manula yang hidup sendiri dan porsinya hanya sebanyak air mineral gelas. 

Maklum, mayoritas warga di sana buruh tak tetap. Tak banyak pula yang memiliki lahan untuk sayuran maupun buah-buahan. Ia mengatakan, ratusan warga sudah berkumpul sejak shubuh. Bahkan, terus bertambah usai shalat Idul Adha. Tak sabar menyaksikan hal yang tak pernah warga saksikan sebelumnya.

Dari 12 domba yang ada, di bagi menjadi tiga sesi pemotongan. Anak-anak beserta orang dewasa beramai-ramai mengiringi takbir pada setiap penyembelihan. Mereka pun mengikuti seluruh proses pemotongan hingga selesai, tak sedikit juga anak-anak saling bersahutan domba mana yang paling besar. Tak kalah dengan ibu-ibu yang berbincang akan dihidangkan seperti apa daging qurban tersebut.

"Alhamdulillah, warga sangat bahagia sekali. Tak pernah saya melihat antusias warga sampai sebesar ini, terima kasih QUIS," ungkap ayah empat orang anak ini dengan senyuman lebar  dan mata yang berbinar usai menyembelih hewan qurban.

InsyaAllah, daging-daging qurban ini tak hanya warga di kampung Cibuluh saja. Tapi, kampung sebelah juga, karena kondisinya pun tak jauh berbeda.

Aminah, salah satu warga manula di Kp Cibuluh menyampaikan rasa syukur dan terima kasih. "Mudah-mudahan tahun depan ada lagi ya. Saya senang sekali bisa dapat sebanyak ini, biasanya hanya segini," ujarnya sambil memperlihatkan kepalan tangannya. Ia berdoa agar semua yang diberikan untuk warga di sana berkah. Dimudahkan segala urusan Daarul Qur'an dan ustad-ustadnya. (Hly)

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858