Artikel Quis
Qurban Istimewa Untuk Suku Anak Dalam (SAD) Jambi
Updated  14 September 2016 ( 425 ) views

Interaksi dengan masyarakat luar dan Islam mewarnai kehidupan komunitas Suku Anak Dalam (SAD) Lubuk Kayu Aro, Desa Pelempang, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi. Tapi lagi-lagi, tidak meratanya pembangunan, keterbatasan akses pelayanan sosial dasar menjadikan SAD terkesan  termarjinalkan.

Menemui komunitas SAD Lubuk Kayu Aro tidaklah susah. Mereka  sudah bermukim lama. Letak geografis kampungnya pun dekat dari jalan utama. Hanya sekira lima kilometer. Namun, yang membuat sulit adalah akses menuju permukiman sunyi itu. Dari Jalan Lintas Jambi-Palembang via Tempino, Simpang Pengeratan adalah jalan masuk untuk menuju kampung yang dulunya hutan tersebut.

Butuh perjuangan ekstra untuk menembus sulitnya jalan masuk ke lokasi. Sepanjang dua kilometer pertama, kondisi jalan tanah itu relatif gampang dilalui. Namun begitu menginjak kilometer ketiga, tak semua mobil bisa menembus jalan bergelombang dan terkadang menyempit itu.

PPPA Daarul Quran memberikan bantuan berupa pembangunan Rumah Quran dan tepat di depan Rumah tersebut sudah dibangun Masjid untuk warga Suku Anak Dalam (SAD) dari donatur.

"Iyolah, sudah lamo kami dak makan daging, sejak Daarul Quran bantu buat Rumah untuk warga kami. Alhamdulillah rezeki datang untuk kampung kami" Ujar Pak Rahman, Temenggung Suku Anak Dalam RT. 12, Desa Pelempang.

Sekarang di Hari Raya Idul Adha 1437H, desa ini di titipkan 1 ekor sapi Qurban Istimewa dari Pequrban Daarul Quran, 70 Warga SAD menerima daging Qurban yg disembelih tepat di depan Rumah Quran dan Masjid.

Pemotongan dilakukan oleh Ustadz Jurjani, da'i yg mengabdikan diri untuk mengajarkan agama islam warga Suku Anak Dalam di desa Pelempang.                         

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858