Artikel Quis
Asa Berqurban di Ciseureuheun
Updated  13 September 2016 ( 413 ) views

Gaungan takbir bersahutan di langit malam Ciseureuheun, Kec. Cigeulis, Kab. Pandeglang. Semakin lengkap dengan padamnya bunga api yang oleh masyarakat kerap disebut listrik. Nampaknya Allah SWT menawarkan hari raya yang lebih syahdu dengan padamnya sumber penerangan ini.

Ba'da sholat Maghrib berjamaah di musholla Pesantren Hidayatul Mubtadiin, Ciseureuheun. Hanya berpenerang wajah yang terbasuh air wudhu, para santri dan asaatidz dengan khidmat mengagungkan Dzat Yang Maha Perkasa, Allah SWT. Digenapkan dengan turunnya jutaan rintik keberkahan dari sisi-Nya. Melambungkan kalam-kalam syurga yang terbisik dari setiap insan berjiwa. Memacahkan kesunyian malam itu, pukul 24.00 WIB, rombongan kambing Qurban tiba di pesantren sebelum bergelut dengan medan yang terjal.

Satu persatu santri terbangun, dengan terhuyung-huyung mereka mulai memapah dan menggendong kambing hingga ke kandang. Perjuangan ini terus berlangsung hingga pukul 03.00 WIB, dengan diselimuti rasa dingin yang menembus tebalnya tekad berjihad. "Alhamdulillah, dengan teriakkan, Allahu Akbar.. para santri menggendong ke-25 kambing ini," terang Koordinator Distribusi Qurban di Ciseureuheun, Rozali.

Hingga akhirnya, tiba juga waktu untuk menunaikan sholat Idul Adha di Masjid setempat, yang berada di ujung pematang sawah. Rampung dengan sholat Id, Tim Qurban Istimewa (Quis) Daarul Qur'an, santri, assatidz dan masyarakat satu persatu menyingsingkan lengan baju, mengambil posisi untuk memulai proses pemotongan hewan Qurban.

Seluruh kambing mangantre hingga akhirnya dapat giliran untuk gugur syahid di ujung parang sang penyembelih. Warga sekitar pun mulai bermunculan untuk membantu proses ini. "Beberapa kambing yang telah disembelih, dinaikkan ke motor warga untuk selanjutnya diserahkan ke Masjid," imbuh Rozali. Hasiran (50), salah seorang warga yang turut membantu penyembelihan mengatakan, Alhamdulillah, semenjak dua tahun ini Quis hadir di Ciseureuheun, sejumlah pesantren dan masyarakat pun dapat memperoleh daging Qurban. Sebelum ini, masih sangat jarang masyarakat atau donatur yang berqurban, hanya beberapa. Biasanya, perkampung hanya ada sekitar tiga ekor kambing. Itu pun harus dibagi untuk 100 Kepala keluarga di sekitar Ciseureuheun ini." jelas Hasiran.

Alhamdulillah, dengan bantuan dari para donatur dan pequrban Quis, mayoritas masyarakat yang bertaraf ekonomi di bawah garis cukup ini, dapat memperoleh daging Qurban, walaupun hanya seberat 2 Kg. Mengingat, ada enam kampung yang akan menjadi sasaran Tim Quis di Kec. Cigeulis ini. Seperti yang dijelaskan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin, Ustad Ibnu Qosim.

Ia mengatakan, daging Qurban ini akan disebar ke enam kampung, diantaranya, Cipeuteuy, Gintung, Bengkung, Cibeureum, Dalim, Binong dan Ciseureuheun sendiri. Dengan rata-rata perkampung sekitar 150-200 Kepala keluarga. "Dibanding Qurban sebelumnya, tahun ini ada peningkatan jumlah hewan. Alhamdulillah, jika tahun lalu ada 21 ekor kambing, sekarang meningkat menjadi 25 ekor," ujar Ustad Qosim.

Dengan jumlah ini, dirinya dan Tim Quis mendistribusikan sekitar 500 kantong daging. Harapannya, untuk tahun-tahun yang akan datang,  perayaan Hari Raya Idul Adha di Ciseureuheun dapat lebih meriah dengan hadirnya hewan Quran berupa sapi atau kerbau. Meskipun demikian, ia tetap menginginkan pemerataan yang maksimal ke seluruh warga.

 

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858