Artikel Quis
Berbagi Bahagia Idul Adha di Kampung Pemulung Makam Rangkah Surabaya
Updated  13 September 2016 ( 384 ) views

Surabaya - Deretan makam tidak membuat takut ratusan pemulung yang menempati tanah sekitar makam Rangkah yang berada di Kecamatan Simokerto, Surabaya. Sebaliknya areal pemakaman ini memberikan mereka kehidupan di tengah himpitan sosial yang mereka hadapi. Di tengah pemakanan terlihat seorang anak tengah asyik bermain layangan.

Sekitar 400 pemulung telah menempati tanah di pinggiran utara makam Rangkah sejak tahun 1965 lalu. Abah Husein selaku koordinator para pemulung tersebut mengatakan warga hidup dalam kondisi memprihatinkan. Mereka berada dalam lingkungan yang kurang sehat dan kumuh.

“Tapi mau bagaimana lagi. Tanah pemakaman ini yang menerima kita untuk tinggal disini. Di luar mungkin kita tidak akan dianggap sebagai manusia” ujarnya, Senin (12/9/2016).

Pria berusia 60 tahun yang juga mantan penghuni lembaga pemasyarakatan Nusakambangan selama 9,5 tahun ini mengatakan mayoritas warga bermata pencaharian sebagai pengemis, pengamen, pengemudi becak dan pemulung.

“Kerasnya perjalanan hidup mengajarkan kepada saya untuk bertaubat pada tahun 1995. Saya memilih untuk menjadi orang miskin yang baik dan berbagi” ujar pria yang memenuhi tubuhnya dengan tatto tersebut. Ia juga menunjukkan tato di bagian belakang tubuhnya bertulis ‘demi anak istri saya akan bertobat’.

Selama tujuh periode Husein menjadi kepala RT 4 dari total lima RT yang berada di wilayah tersebut. Ia tidak mengerti mengapa warga selalu mempercayakan dirinya untuk menjadi abdi masyarakat. Baginya selama warga percaya pada dirinya maka ia tidak kuasa menolak karena itu adalah amanat.

“Resep saya selama menjadi kepala RT adalah tetap menjaga hp, hati dan kepala saya untuk warga selama 24 jam,” ujarnya.

Tahun 2015 lewat seorang mahasiswa Husein berkenalan dengan PPPA Daarul Qur’an Surabaya yang langsung mempercayainya menjadi koordinator program Kampung Bersih (Kasih). Kasih merupakan program bersih-bersih Masjid yang digelar seminggu sekali setiap hari Jumat.

“Saya dan anggota tim yang berjumlah 10 orang membersihkan masjid yang telah disurvey sebelumnya jelang shalat Jumat” tandas Husein.

Nahar Zainudin, Kepala Cabang PPPA Surabaya, mengatakan selama hampir setahun ini Husein dan kawan-kawan bermitra dengan baik. Bahkan kini mereka diberikan kebebasan untuk mencari masjid yang layak masuk program tim Kasih. Tahun 2016 ini warga pemulung Makam Rangkah juga menerima sebanyak sebelas hewan qurban dari Qurban Istimewa ( Quis). Warga Makam Rangkah menyambut hewan-hewan qurban Quis dengan gembira. Mereka telah meunggu kedatangan tim sejak selesai shalat ied.

Husein mengatakan penyaluran hewan qurban seperti yang dilakukan QUIS ini sudah betul mengingat daging qurban langsung dirasakan oleh masyarakat miskin. Husein teringat kejadian beberapa tahun lalu, kala ia mendengar seorang kyai ceramah bahwa daging qurban itu untuk yatim piatu dan fakir miskin. Lalu ketika pelaksanaan masyarakat miskin yang sudah antri sejak lama hanya dapat setengah kilogram sedangkan panitia bisa membawa pulang daging qurban sebanyak 2,5 kilogram.

“Marah saya ketika itu. Saya segera lakukan protes pada kyai tersebut dan panitia. Saya katakan kami memang miskin harta tapi kami kaya karena punya Allah SWT” ujarnya. Husein pun mengatakan terima kasih kepada para pequrban QUIS. Ia berharap semoga yang berqurban dan menerima hewan qurban sama-sama diberikan kemudahan dan keberkahan dari Allah SWT.

“Alhamdulillah ditengah kerasnya hidup ini banyak juga yang mengingat kami-kami yang berada dalam keterbatasan. Semoga apa yang diberikan mendapat pahala dari Allah SWT” ujar Husein.

Seperti tahun-tahun sebelumnya QUIS Daqu mendistribusikan hewan qurban bagai para penghafal Al-Qur’an, pondok pesantren, pemukiman miskin, daerah rawan bencana dan rawang pangan. Sejak hari Sabtu (10/9) hewan-hewan qurban sudah didistribusikan ke sejumlah daerah di Pegunungan Sinabung, wilayah paska longsor di Purwerejo, wilayah paska gempa di Jailolo di Halmahera Utara dan lainnya.

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858