Artikel Quis
Amalan Ringan Di Hari Raya Ied Adha yang Mendatangkan Ridha Allah SWT
Updated  10 September 2016 ( 434 ) views

Sempurnakan ibadah Hari Raya Idul Adha Anda dengan berpuasa sebelum melaksanakan shalat idul adha. Banyak dari kita yang kurang mengetahui hal tersebut namun, telah dinyatakan dalam sebuah riwayat bahwa di sunnahkan bagi kaum muslimin untuk tidak makan terlebih dahulu sebelum berangkat ke mesjid dan melaksanakan shalat 2 rakaat sampai shalat idul adha selesai. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : "Bahwa Nabi Saw tidak berangkat shalat di hari raya Ied Fitri kecuali makan dahulu, dan beliau tidak makan pada hari hari raya Ied Adha melainkan setelah selesai shalat Ied." (HR. Tirmizi, Ibn Majah dan Ahmad)

Al-Allamah Ibnul Qoyyim berkata : “Adapun dalam Idul Adha, beliau tidak makan hingga kembali dari Mushalla, lalu beliau makan dari hewan kurbannya”

Al-Alamah Asy Syaukani menyatakan : “Hikmah mengakhirkan makan pada Idul Adha adalah karena hari itu disyari’atkan menyembelih kurban dan makan dari kurban tersebut, maka bagi orang yang berkurban disyariatkan agar berbukanya (makan) dengan sesuatu dari kurban tersebut. Ini dikatakan oleh Ibnu Qudamah” (Lihat Al-Mughni 2/371)

Maka jika hendak melaksanakan shalat  idul Adha tahun ini hendaklah laksanakan sunah yang telah di jelaskan tadi. Agar ibadah yang kita lakukan menjadi lebih sempurna. (Syd)

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858