Artikel Quis
Tempat Pelaksanaan Shalat Ied Adha
Updated  10 September 2016 ( 347 ) views

Shalat Id biasa di laksanakan di masjid adapula keterangan yang menyebutkan bahwa shalat Ied Adha lebih utama di laksanakan di lapangan. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

Pertama : menyebutkan bahwa pelaksanaan shalat Id di dalam yang paling afdhal adalah di Masjidil Haram. Karena semua ulama senantiasa melaksanakan shalat Id di masjidil haram ketika di makah. Dalam sebuah riwayat Imam an-Nawawi mengatakan bahwa : ketika di Mekah, maka masjidil haram paling afdhal (untuk tempat shalat Id) tanpa ada perselisihan di kalangan ulama. (al-Majmu’ Syarah al-Muhadzab, 5:524)

Kedua : menyebutkan pelaksanaan shalat Id di Luar Mekah. Maka tempat shalat Id yang sesuai sunah adalah lapangan. Kecuali jika ada halangan seperti hujan atau halangan lainnya. Dari Abu Sa’id al-Khudri, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar menuju lapangan ketika Idul Fitri dan Idul Adha. Pertama kali yang beliau lakukan adalah shalat Id. (HR. Bukhari dan Muslim)

Ibnul Haj al-Makki mengatakan : "sunah yang berlaku sejak dulu terkait shalat Id adalah dilaksanakan di lapangan. Karena nabi SAW bersabda : “Shalat di masjidku (masjid nabawi) lebih utama dari pada seribu kali shalat di selain masjidku, kecuali Masjidil Haram.” meskipun memiliki keutamaan yang sangat besar, Nabi SAW tetap keluar menuju lapangan dan meninggalkan masjid. (al-Madkhal, 2:438)

Lalu bagaimana jika seseoang tidak mampu untuk berangkat ke lapangan? Maka di jelaskan bahwa orangtersebut boleh saja melaksanakannya di mesjid. Namun, dianjurkan bagi imam untuk menunjuk salah seorang agar menjadi imam shalat Id di masjid bagi orang yang lemah -tidak mampu keluar menuju lapangan-, sebagaimana yang dilakukan Ali bin Abi Thalib radliallahu ‘anhu, yang diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah. Dianjurkan pelaksanaan shalat sunnah di lapangan. Namun jika pelaksanaanya di mesjid juga diperbolehkan. (Sydh)
 

Photo dalam artikel ini ..

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858