Artikel Aqiqah
Mengenali Ternak Lewat Tamasya Qurban
Updated  11 September 2015 ( 650 ) views

“Alhamdulillah, banyak pelajaran yang saya dapatkan dari acara ini. Saya akan cerita ke istri dan anak-anak di rumah,” ujar Abdul Malik (70) tentang Tamasya Qurban yang diikutinya. Warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan, itu salah satu dari puluhan peserta Tamasya Qurban yang diselenggarakan Qurban Istimewa (Quis) Daarul Quran.

Khoiry Ainulyakin, Direktur Quis Daarul Qur’an, mengatakan, tamasya qurban dimaksudkan untuk memantapkan pequrban dan calon pequrban Quis Daqu. "Dengan melihat sendiri ternak qurbannya, mereka akan semakin yakin pada Program Quis Daqu," katanya. Selain itu, tamasya juga jadi ajang edukasi pertanian terpadu yang meliputi peternakan dan pertanian.

Dalam tamasya yang berlangsung pada Sabtu hingga Ahad, 5-6 September 2015, tersebut para peserta mengunjungi sentra peternakan hewan qurban mitra Quis Daqu di kaki Gunung Salak, Sukabumi. 

“Insya Allah, stok hewan untuk Quis Daarul Quran sudah melewati berbagai macam tahapan hingga siap didistribusikan untuk dipotong pada hari raya nanti,” papar Habib Alwi, pemilik peternakan ratusan hewan qurban. 

Habib menjelaskan, hewan bakalan yang akan digemukkan mula-mula ditimbang bobotnya. Lalu digunduli untuk menghilangkan segala kuman dan penyakit yang menempel pada dasar bulu ternak. Selanjutnya, hewan ternak disuntik vitamin dan obat cacing.

Setelah melewati proses pendahuluan itu, barulah hewan ternak memasuki proses penggemukan selama 100 hari. Pada masa ini, ternak mendapat makanan berupa kombinasi konsentrat dan pakan segar yang sudah diatur komposisinya. Hal ini untuk mendapatkan bobot ternak optimum, siap potong.

Selama penggemukan, ternak juga mendapat perawatan kesehatan seperti pemotongan kuku dan perawatan moncong. Ini untuk mencegah penyakit kuku dan mulut yang biasa menyerang ternak.

“Ini semua kami lakukan agar ternak qurban ibu dan bapak menjadi istimewa,” tandas Habib Alwi di hadapan peserta tamasya. 

Dari kaki Gunung Salak, para peserta diajak ke Daqu Agrotechno di Kadudampit, Sukabumi. Inilah pusat pengembangan dan pelatihan pertanian terpadu berbasis teknologi ramah lingkungan, sekaligus menjadi tempat wisata agro dan religi. Selain bermalam, di sini para peserta tamasya berkeliling di areal budidaya padi dan sayuran organik yang dikembangkan Daarul Quran. 

Ahad pagi, usai sholat subuh Ustadz Hendy Irawan menyampaikan taushiyah kepada jamaah.  Inti dari qurban, kata Ustadz Hendy, adalah ketaatan pada Allah SWT. Ibadah qurban mengandung pelajaran tauhid yang besar. 

“Lewat qurban kita diajak bukan hanya sekedar memberikan sesuatu yang terlihat seperti hewan qurban namun lebih dari itu kita sebagai manusia dituntut untuk meninggalkan hawa nafsu dan apapun itu demi ketaatan kepada Allah SWT,” terang Ustadz Hendy. 

Usai acara, para peserta yang sudah terdaftar sebagai pequrban, semakin mantap dengan pilihannya kepada Quis Daqu. Sedang yang belum, bersemangat untuk segera berqurban lewat Quis Daqu. (Gumanty)

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858