Artikel Aqiqah
Mengenal Hewan Qurban Yang Baik Lewat Tamasya Qurban
Updated  09 September 2015 ( 523 ) views
 
Hewan yang sehat dan baik menjadi salah satu syarat dari ibadah qurban. Maka untuk mengajak masyarakat bisa memilih hewan yang baik sekaligus sehat, lewat kegiatan Tamasya Qurban,  Qurban Istimewa (Quis) Daarul Quran mengajak masyarakat untuk melihat para jamaah dan calon pekurban berkunjung ke salah satu mitra peternak yang berada di Kaki Gunung Salak, Sukabumi. 
 
Acara yang digelar pada Sabtu - Ahad, 5-6 September 2015, bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para calon pekurban untuk memilih hewan ternak yang memenuhi standar dalam ibadah qurban. Dipandu oleh Habib Alwi selaku kepala peternakan para calon pekurban dikenalkan tips dan trik bagaimana memilih hewan qurban yang baik. 
 
“Insya Allah stok hewan yang disediakan oleh Daarul Quran sudah melewati berbagai macam tahapan hingga siap didistribusikan untuk dipotong pada hari raya nanti” ujar Habib Alwi 
 
Habib Alwi menjelaskan hewan bakalan yang akan digemukkan setelah melalui proses penimbangan akan dilakukan pemotongan bulu untuk menghilangkan segala kuman dan penyakit yang menempel pada dasar bulu hewan ternak. Selanjutnya hewan ternak akan diberikan suntikan berisi vitamin serta diberikan obat cacing. Barulah setelah itu hewan ternak akan melalui proses penggemukan yang dilakukan dalam waktu 100 hari dengan memberikan makanan berupa kombinasi konsentrat dan pakan segar yang diatur komposisinya untuk mendapatkan bobot berat yang ingin dicapai. 
 
“Ini semua kami lakukan agar ibadah qurban ibu dan bapak menjadi lebih istimewa dan berkualitas” ujar Habib Alwi. 
 
Setelah dari kaki Gunung Salak para peserta dan jamaah diajak ke wilayah Kadudampit yang menjadi lokasi Daqu Agrotechno yang merupakan pusat pengembangan dan pelatihan pertanian terpadu yang mengedepankan teknologi ramah lingkungan, sekaligus menjadi tempat wisata agro dan religi. Selain bermalam para calon pekurban diajak untuk melihat areal padi dan sayuran organik yang dikembangkan oleh Daarul Quran. 
 
Dalam tausiyah setelah shalat subuh ustadz Hendy Irawan menyampaikan inti dari qurban itu adalah ketaatan pada Allah swt. Ibadah qurban mengandung pelajaran tauhid yang besar. 
 
“Lewat qurban kita diajak bukan hanya sekedar memberikan sesuatu yang terlihat seperti hewan qurban namun lebih dari itu kita sebagai manusia dituntut untuk meninggalkan hawa nafsu dan apapun itu demi ketaatan kepada Allah swt” ujar Ustadz Hendy. 
 
Acara yang digelar selama dua hari ini pun menimbulkan bekas yang mendalam dari para peserta. Abdul Malik (70) peserta dari Pasar Minggu mengatakan ini adalah sesuatu yang luar biasa. Ia mengaku beruntung bisa ikut dalam kegiatan ini. 
 
“Alhamdulillah banyak pelajaran yang saya dapat dari acara ini. Meski namanya tamasya namun banyak hikmah yang bisa saya ambil dan akan saya sampaikan kepada istri dan anak-anak saya” ujarnya. 
 
 

Daarul Qur'an Indonesia 
 

 

Artikel lainnya pada periode ini
Scroll kebawah untuk melihat semua artikel dalam list ini..

Artikel lainnya


Scroll keatas / bawah untuk melihat seluruh daftar isi artikel ini ..
Rekening QUIS Pusat (Jakarta)
Bank BCA 603 084 1199
Bank Mandiri 101 000 1010 204
a/n. Yayasan Daarul Qur'an Indonesia
QUIS - Qurban Istimewa | PPPA Daarul Qur'an

Gedung QUIS Daarul Qur'an - Kawasan Bisnis CBD Ciledug | Blok C5 No.3 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157. Telp. ( 021 ) 7300 686 ( Hunting ), Fax. ( 021 ) 7344 4858